Ketika Si Pria Gundah Karena Rindu (via SANG SURYA)

12 Agustus 2010 pukul 09:13 | Ditulis dalam Tak Berkategori | 1 Komentar

Aku merasa, ini tulisan yang paling aku senangi diantara tulisan-tulisanku yang lain…..

Pada suatu malam ada seorang pria yang lagi gundah gulana. Dia bingung dengan dirinya sendiri dan masa depannya. Pada pagi hari sampai sore harinya, sering sekali terlintas dalam pikirannya sosok wanita yang selama ini dia impikan. Lalu hatinya curhat dan mencoba menasehati akalnya. “rinduku padanya memuncak akhir2 ini. Ketika rindu ini muncul, ku hanya bisa istighfar & berdoa semoga dia tambah sholehah & mendapatkan suami yang sholeh. Ak … Read More

via SANG SURYA

Saling “Bercinta” Walau Berlainan Pendapat

9 Mei 2010 pukul 01:46 | Ditulis dalam Muhammadiyah, Tak Berkategori | 3 Komentar
Tag: , , , ,

Tulisan ini saya maksudkan sebagai lanjutan dari tulisan saya berjudul “Saya ini Perusak Agama Islam.” Bagi yang belum baca, silahkan baca dulu atau baca setelah membaca tulisan ini.

Tadi, habis maghrib, di kamarku berserakan makalah-makalah hasil seminar ideologi Muhammadiyah. Makalah-makalah itu berserakan karena kemarin teman saya Irfa berkunjung ke kos, bertanya darimana saya tahu pidato-pidato KH. Ahmad Dahlan, lalu saya tunjukan makalah-makalah itu. Niatnya mau membereskan malah iseng membaca sekilas beberapa makalah. Aku mendapatkan sebuah paragraf yang menurutku menarik di lampiran sebuah makalah. Lampiran itu berjudul “Keterangan Umum Di Atas Pendirian ‘Majlis Tarjih’ Muhammadiyah” yang merupakan hasil sidang PB Muhammadiyah, tanggal 26/27 Oktober 1927.” Dalam tulisan kali ini, saya hanya akan membahas paragraf kedua dan ketiga dari hasil sidang tersebut. Ketika membaca dua paragraf itu, teman-teman harus ingat, kalimat yang digunakan dalam surat keputusan itu menggunakan bahasa Indonesia tempo dulu. Mungkin kamu akan menemukan kalimat-kalimat yang janggal dan aneh. Berikut ini dua paragraf itu: Baca Lebih Lanjut…..

Aktivis Gender yang Aneh!!!!!!

30 April 2010 pukul 14:04 | Ditulis dalam opiniku, Tak Berkategori | 2 Komentar
Tag: , , , , ,

Saya pernah diceritakan oleh teman saya pengalamannya ketika bertamu kerumah perempuan aktivis gender. Kata teman saya, sang aktivis ketika sebelum menikah, sangat lantang menentang prilaku suami yang menyuruh-nyuruh istri. Bias gender katanya. Dia mempertanyakan kenapa istri itu harus membawakan minum untuk suaminya, emangnya suami itu sudah tidak bisa jalan? Kenapa istri harus membukakan kaus kaki suami, emangnya istri itu babu? Baca Lebih Lanjut….

Aku ini ‘PERUSAK AGAMA ISLAM’

28 April 2010 pukul 13:35 | Ditulis dalam Dakwah Caraku | 4 Komentar
Tag: , , , , , , , ,

Jujur, saya miris melihat beberapa website atau note di facebook yang isinya saling merasa diri paling benar, paling salaf, atau paling ahlul sunnah dan menghujat orang atau ulama yang berbeda faham dengannya sambil mengeluarkan penilaian atau pelabelan yang negatif seperti ulama-ulama nyleneh, ulama ussuu’ (ulama busuk), ulama penguasa, sesat, kafir, sekuler, liberal, ulama dajjal, ahlul bidah, orang taklid, dan lain sebagainya.

Ada ga sih orang yang mau dibilang seperti hal diatas itu? Lalu Anda (yang ngerasa sering mengeluarkan kata-kata itu) apakah Anda senang bila ada orang yang mengatai Anda Ahlul bid’ah? Lalu kenapa Anda sering mengatai orang lain dengan kata-kata itu? Mungkin Anda merasa bahwa Anda sedang Amar ma’ruf nahi munkar atau katakanlah kebenaran walau itu pahit. Tetapi tahukah Anda kalau dakwah atau pendidikan itu harus dilakukan dengan bil hikmah (bijaksana)? Dan dengan bertahap, sedikit demi sedikit? Apakah bijaksana mengatai orang yang Anda dakwahi atau orang yang sedang Anda amar ma’ruf nahi munkar dengan kata-kata busuk itu? Apakah dengan mengeluarkan hujatan-hujatan busuk itu orang-orang yang liberal, sekuler, atau ahlul bid’ah akan tobat? Baca Lebih Lanjut……

Menjadi Kapitalis Muhammadiyah

16 April 2010 pukul 20:49 | Ditulis dalam Muhammadiyah | 7 Komentar
Tag: , , , ,

Tahukah Anda kalau wakaf tanah yang dikelola Muhammadiyah bila digabungkan jadi satu, luasnya hampir sama dengan luas Provinsi Jawa Barat? Tahukah Anda kalau Muhammadiyah adalah organisasi keagamaan terkaya kedua didunia setelah Vatikan Katolik? Ini merupakan sumber daya umat Islam yang potensial andai dikelola dengan cerdas dan strategis. Hal ini tidaklah mengherankan karena Muhammadiyah adalah organisasi pergerakan Islam yang lebih menekankan pada amal daripada banyak berdebat atau berkonsep ria. Satu ayat Al Quran bisa ditafsirkan dengan mendirikan banyak amal usaha. Konon katanya, Muhammadiyah selama ini hanya baru menafsirkan sekaligus mengamalkan 500 ayat Al-Quran saja. Andai Muhammadiyah bisa mengamalkan seluruh ini Al Quran, tentu Muhammadiyah akan menjadi organisasi terkaya dan paling berpengaruh didunia. baca Lebih Lanjut….

Sedikit Masukan Untuk Sahabatku yang Sedang Sakit dari Sejak Kecil

16 April 2010 pukul 18:52 | Ditulis dalam Persahabatan | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Sahabatku, kalau aku boleh sedikit saran supaya kamu cepet sembuh, banyakin sedekah. Sedekah itu bisa menolak bala, memperpanjang umur, menyembuhkan penyakit, dan mendatangkan rezeki.

Sebenarnya membuat orang lain senang itu juga sedekah. Sedekah juga bisa berupa: membantu orang lain yang membutuhkan, mendoakan orang lain, senyum, memberi uang pada orang yang sedang membutuhkan uang, infak, wakaf, zakat, mendamaikan orang yang bertengkat, mencegah orang berbuat maksiat atau kejahatan, dll.  Baca Lebih Lanjut…..

Pelet Islami

16 April 2010 pukul 18:44 | Ditulis dalam Pria Romantis | 11 Komentar
Tag: , , , , ,

Suatu hari, ada seorang pemuda yang lagi ngenet di warnet dekat kosnya. Dia sedang memperbaiki website yang baru satu bulan dia beli. Ketika sedang asik ngenet, pengelola warnet memutar lagu Dewa 19 yang liriknya kurang lebih seperti ini, “Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta, kepadaku. Beri sedikit waktu….” Ketika itu, sang pemuda memang sedang lagi gundah-gulananya dengan masalah cinta. Dia sedang mencintai seorang gadis tetapi dia tidak tahu apakah gadis itu juga mencintainya atau tidak. Dia sudah menyatakan perasaannya pada gadis itu, tetapi gadis itu tidak memberikan sebuah respon. Mungkin juga gadis itu sudah memberikan respon tetapi sang pemuda itu belum bisa menangkap rospon itu. Lalu setelah mendengar lagu tersebut, pikiran pemuda itu bicara pada hati si pemuda: Baca Lebih Lanjut….

Status-status Inspiratif Facebook-ku

31 Maret 2010 pukul 15:55 | Ditulis dalam Kata Mutiara | 2 Komentar
Tag: , , , , ,

Aku coba membaca kembali status-status yang kubuat di Facebook. Ternyata banyak juga yang membuatku terinspirasi kembali. Kadang aku tidak percaya, bisa-bisanya aku menulis seperti itu. Dulu aku kesambet malaikat apa yah, kok bisa-bisanya menulis status kaya gitu???? Jadi tidak percaya itu tulisanku. Nih aku sajikan satus-statusku selama 3 bula terakhir:

Hidup adalah perjuangan tanpa henti2, usah kau tangisi hari kemarin (perasaan kaya lirik lagu, lagu apa ya?)

Niat > mimpi > belajar dr orang yg sudah brhasil meraih mimpi yg sm dgn mimpi qt > tiru langkah orng itu > modifikasi & sesuaikn > buat rencana > aksi sesuai rencana > evaluasi > sabar dlm proses > syukur pd stiap tahap yg brhasil d lalui

Apakah d masa depan aq akan menyesalkan apa yg ku lakukan hari ini? Ato membanggakan? Trgantung pada apa yg aq lakukan hari ini. Lakukan sesuatu yg buat aq mensyukurinya & bangga d hari esok.

Berpikirlah dahulu sebelum brniat,renungkanlah dahulu sebelum bertindak,&brmusyawarahlah sebelum melangkah. Bermusyawarah dengan orang2 bijak akan menghasilkan keteguhan dalam jiwa dan kekuatan dalam pandangan. Baca Lebih Lanjut…

Rangkuman Khutbah Jumat di Mesjid Al Ijtihad Karangwuni, 19 Maret 2010

31 Maret 2010 pukul 15:40 | Ditulis dalam Kesimpulan Pengajian | 1 Komentar
Tag:

4 hal yang harus dijaga: menjaga pikiran, menjaga pendengaran, Menjaga ucapan, dan menjaga hati. Baca Lebih Lanjut…

Gara-gara Semut dan Ingin Ketemu Allah

31 Maret 2010 pukul 15:35 | Ditulis dalam Renunganku | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Beberapa hari yang lalu, sobatku si Tora (bukan nama sebenarnya) menangis gara-gara pertama-tama dia menceritakan isi buku yang dia baca lalu kutambahi, “di akherat nanti tidak setiap muslim bisa melihat atau ketemu Allah.” Dia terkejut mendengar perkataanku tadi. Dan beberapa saat kemudian dia menangis. Menangis karena merasa banyak dosa dan masih menjadi orang yang lalai. Lalu dia bertanya, “sur, bagaimana caranya supaya bisa bertemu dan melihat Allah.” Lalu kujawab aja, “banyak-banyakin sujud (sholat), sholat wajib itu hanya sebagai modal dasar atau syarat minimal menjadi seorang muslim, kalau mau ketemu Allah banyakin sholat sunatnya.” Eh, malah dia tambah menangis. Ga tahu aku apa yang dia sedang pikirkan ketika itu, kok bisa-bisanya dia menangis hanya mendengar omonganku yang agak sok tahu itu. Dalam hatiku berkata, “kok bisa yah, dia yang mendengar kata-kataku segitu aja kok bisa menangis tersedu-sedu, aku aja yang sudah tahu dari bertahun-tahun yang lalu, biasa biasa aja tuh, kok bisa yah dia seheboh itu. Atau mungkin karena akunya aja yang aneh. Mungkin hatiku kurang peka karena banyak buat dosa sebingga banyak tinta hitamnya sehingga dengan ilmu itu tidak membuat hatiku tercerahkan.” Aku heran, kok bisa yah orang lain itu menangis dengan mendengar beberapa kalimat yang sederhana? Kok aku enggak? Baca Lebih Lanjut….

Aku Belum Mengidolakan Nabi Muhammad SAW

31 Maret 2010 pukul 15:32 | Ditulis dalam Renunganku | 2 Komentar
Tag: , , ,

Beberapa minggu yang lalu aku merenungkan perbedaan antara mengidolakan sama simpati atau kekaguman. Aku baru menemukan satu, yaitu keinginan untuk meniru. Aku coba memperhatikan orang yang mengidolakan seorang artis atau pemain bintang sepak bola. Misalnya Gita Gutawa. Penggemar ini mencoba bergaya seperti gita gutawa dari mulai pakaian sampai aksesorisnya, dari mulai gaya bicara sampai cara berjalannya. Dia juga mencoba menghapal semua lagu Gita Gutawa. Dia koleksi kaset dan cd lagu-lagu gita gutawa. Dia hadiri konser-konser gita gutawa. Ada kerinduan ingin bertemu Gita Gutawa. Pas ketemu Gita Gutawa, senengnya minta ampun. Dia peluk si idola. Dia juga membawa hadiah atau kenang-kenangan bagi sang idola. Baca Lebih Lanjut….

Ketika Si Pria Gundah Karena Rindu

31 Maret 2010 pukul 15:25 | Ditulis dalam Pria Romantis | 4 Komentar
Tag: , , , , ,

Pada suatu malam ada seorang pria yang lagi gundah gulana. Dia bingung dengan dirinya sendiri dan masa depannya. Pada pagi hari sampai sore harinya, sering sekali terlintas dalam pikirannya sosok wanita yang selama ini dia impikan. Lalu hatinya curhat dan mencoba menasehati akalnya.

“rinduku padanya memuncak akhir2 ini. Ketika rindu ini muncul, ku hanya bisa istighfar & berdoa semoga dia tambah sholehah & mendapatkan suami yang sholeh. Aku percaya Allah akan memberi aku & dia jodoh yg cocok bagi aku dan dia.Karena pilihan Allah itu pasti lebih indah.Aku berharap jodohku pilihan Allah sama dengan pilihanku.”

“Aku berdoa, ‘ya Allah yang Maha Mengetahui kejadian masa lalu dan yang akan datang, apabila menurutmu dengan menikahi dia aku bisa membahagiakannya dunia akherat, maka nikahkanlah aku dengan dia, tetapi bila ada pria lain yang lebih bisa membahagiakannya dunia akherat, maka nikahkanlah dia dengannya. Sesungguhnya aku ingin melihat, mengetahui dan membuat dia bahagia.”

“Wahai akalku, memang sakit melihat wanita yang aku impikan itu menikah dengan pria lain, tetapi akan lebih sakit lagi bila aku mengetahui bahwa dia tidak bahagia dengan bersamaku.” Baca Lebih Lanjut….

Perluas Paham Agama

31 Maret 2010 pukul 15:22 | Ditulis dalam opiniku | 2 Komentar
Tag: , , , , ,

KH Ahmad Dahlan pernah berkata intinya bahwa hidup ini hanya sekali, jangan sampai sesat. jangan sampai menyesal setelah meninggal. oleh karena itu, beliau mewajibkan para santrinya untuk terus menerus mencari kebenaran. terus menerus meneliti apakah akidah aku sudah benar? ibadah aku sudah benar? apakah akhlakku sudah benar? apakah muamalahku sudah benar? kalau merasa sudah benar, apa buktinya? pernahkah mengujinya? siapa tahu yang sudah aku yakini selama ini adalah ternyata salah? lalu bagaimana mengujinya? Baca Lebih Lanjut….

ebook 95 Tahun Langkah Perjuangan Muhammadiyah

3 Maret 2010 pukul 12:50 | Ditulis dalam e-book | 1 Komentar

Silahkan download dengan klik ini

Trik Tetap SEMANGAT dan Keluar dari Kemalasan

10 Februari 2010 pukul 06:23 | Ditulis dalam opiniku | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Aku dinasehati sahabatku sang motivator/ praktisi NLP, Hendri Harjanto, hari ahad kemarin, gara-gara sobatku yang lain, si Bamce, cerita kalau aku suka terlambat bimbingan skripsi. Katanya “Seseorang yang suka terlambat itu bukan berati itu sudah menjadi wataknya yang telatan, tetapi itu karena dia tidak punya ALASAN YANG KUAT mengapa dia harus datang tepat waktu.”
coba kalau ada wanita cantik yang mengajaknya makan malam, dia pasti datang tepat waktu.” dinasehatin kaya gitu jadi ingat pas tanggal 28 April 2009 (bagaimana kejadiannya? RAHASIA). benar banget. BAca lebih lanjut…

Halaman Berikutnya »

Blog pada WordPress.com. | The Pool Theme.
Tulisan dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.