Contoh Soal Perhitungan Bagi Hasil Akad Mudharabah

19 Maret 2009 pukul 14:42 | Ditulis dalam Ekonomi Islami | 32 Komentar

Contoh Soal Perhitungan Bagi Hasil Akad Mudharabah


Bank Jayen Syariah (BJS) melakukan kerjasama bisnis dengan Bapak Irfa, seorang pedagang buku di Pasar Shoping Yogyakarta menggunakan akad mudharabah (BJS sebagai pemilik dana dan Irfa sebagai pengelola dana). BJS memberikan modal kepada Irfa sebesar Rp 10.000.000 sebagai modal usaha pada Tanggal 1 Januari 2009 dengan nisbah bagi hasil BJS : Irfa = 30% : 70%. Pada tanggal 31 pebruari 2009, Irfa memberikan Laporan Laba Rugi penjualan buku sebagai berikut:

Penjualan Rp 1.000.000

Harga Pokok Penjualan (Rp 700.000)

Laba Kotor Rp 300.000

Biaya-biaya Rp 100.000

Laba bersih Rp 200.000

Hitunglah pendapatan yang diperoleh BJS dan Irfa dari kerjasama bisnis tersebut pada tanggal 31 Pebruari 2009 bila kesepakan pembagian bagi hasil tersebut menggunakan metode:

a. Profit sharing

b. Revenue sharing

Jawab:

a. Profit sharing

Bank Syariah : 30% x Rp 200.000 (Laba bersih) = Rp 60.000

Irfa : 70% x Rp 200.000 = Rp 140.000

b. Revenue sharing

Bank Syariah : 30% x Rp 300.000 (Laba Kotor) = Rp 90.000

Irfa : 70% x Rp 300.000 = Rp 210.000

Muhammad Surya

Mantan Pengurus Shariah Economics Forum (SEF)

Universitas Gadjah Mada

dan Instruktur di PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Bulaksumur-Karang Malang

About these ads

32 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Thanks Akhi atas artikelnya yang sangat berguna ini. Kebetulan banget saya lagi bikin karya tulis koperasi syariah untuk menangani kasus PKL di Malang. Sekarang tinggal cari data perbandingan koperasi syariah dan konvensional nih

    Jazakallah…

  2. assalamualaikum
    terima kasih banyakkkkk
    artikel ini sangat berguna dalam kelancaran penyusunan laporan magang saya
    wassalam

  3. asalam, mohon ijin bwt di copy y…., trimakasih

  4. Asslm.wr.wb

    Pa kalau misalnya rugi bagaimana perhitungannya ?.Misal dalam bulan Maret rugi 100.000.Apakah kerugian itu juga di bagi sesuai nisbah ? Atau Pa Irfa tidak dikenakan kewajiban bagu hasil ( jadi pihak Bank juga tidak dapat keuntungan ).Terus bagaiman dengan modal yang dipinjam P.Irfa sebesar 10 juta,apakah harus dikembalikan penuh setelah habis masa pinjamannya ?
    Jazakallah dan kalau tdiak keberatan mohon jawabannya bisa di cc ke email saya.

  5. @Dhyan

    wa’alaikum salam warohmatullahi wabarakatu.

    kalau terjadi kerugian, harus di teliti dulu, penyebab kerugian tersebut. kalau kerugian itu karena kelalaian bapak Irfa, maka kerugian di tanggung pak Irfa, misalnya pak Irfa lalai mengunci toko ketika pergi ke mesjid, akhirnya sebagian buku hilang dicuri orang. harga buku yang di curi misalnya Rp 100.000, maka kerugian itu ditanggung pak Irfa.

    kalau kerugian itu karena bukan karena kelalaian pak Irfa misalnya karena bencana alam, maka kerugian sebesar Rp 100.000 di tanggung Bank dan Pak Irfa mengalami kerugian secara waktu dan tenaga.

    demikian, kalau masih kurang jelas atau belum mengerti, silahkan bertanya lagi.

  6. Assalam…terima kasih infonya.Berapa lama waktu pembagian keuntungan tsb mengingat usaha yg baru jalan biasanya memerlukan waktu beberapa bulan utk menunjukkan hasil?terima kasih

  7. Assalammu’alaikum pak bgmana cara bg kita yg ingin membuka 1 usaha joint an ( si A sbg investor, si B sbg investor dan pengelola serta si C yg hny sbg pengelola) yang sesuai syar’i dan saling menguntngkan ?? Karna saya berencna membuka usaha kuliner tsb…mhon bntuannya dan trims pak. Wassalammu’alaikum….

  8. aslm, bagaimana dengan pengembalian modal awal yang 10 juta? minta penjelassan sistemnya

    numpang iklan

    peluang usaha pulsa sistem syariah mudharobah, hub adhy purnama
    081584995607/02127476681 cek di http://www.duta4future.com, insya allah berkah
    tersedia juga tas untuk seminar dan susu kacang segar
    20% keuntungan untuk allah dan rasulnya

  9. Assalamu’alaikum ww
    thank’s untuk informasinya
    sangat berguna bagi saya yang akan memulai sebuah usaha..

    Wassalam

  10. itu kalo mudharabah atau musyarokah, ada perhitungan murobaha nya tidak?

  11. assalammu’alaikum…
    maaf pak kami minta jawaban atas kasus ini
    Berikut ini data bank syariah CD pada bulan september 2004 sebagai berikut:
    a. jumlah dana yang diterima:
    1. Tabungan mudharabah Rp 1.000.000.000.
    2. deposito mudharabah Rp 2.000.000.000.
    b. pembiayaan diberikan Rp 2.000.000.000
    c. Pendapatan operasi bank (revenue) Rp 200.000.000
    d Tuan ramadhan mempunyai saldo rata-rata harian Rp 200.000.000
    e. Tuan ardhi mempunyai saldo rata-rata harian Rp 300.000.000
    apabila nisbah yang ditetapkan adalah 30:70
    1. Hitunglah bagi hasil pada deposan tabungan mudharabah
    2. Hitunglah bagi hasil bagi deposan deposito mudharabah
    3. Hitunglah bagi hasil bagi deposan tuan ramadhan
    4. Hitunglah bagi hasil bagi deposan tuan ardi

    kami harapkan bantuan bapak atas ilmu yang diberikan kamu ucapkan terimaskih
    wassalamualaikum wr web

  12. wah..,ini yg sy cari..,sangat berguna terima kasih.

  13. askum..

    maaf bp mau tanya..,perbedaannya dengan transaksi bunga bagaimana?
    soalnya sy masih awam..,terima kasih.

  14. Terima kasih.. Sangat bermanfaat. Lebih bagus lagi jika diulas secara lengkap tentang bagaimana dan kapan Modal tersebut dikembalikan ke pemilik dana?

  15. makasih banyak, akhirnya ketemu juga buat bahan Final test, syukron

  16. Terima kasih

  17. hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmt

  18. Assalamu’alaikum…
    wah ternyata alumni FE UGM ya? tulisan ini sangat membantu…. saya tertarik untuk mendirikan sebuah BMT…. tp ilmu masih cethek ni…. mohon bimbingannya… saya juga pernah ikut SEF FE UGM lo mas….. salam kenal
    wassalamu’alaikum

  19. assalamu alaikum
    saya membina kelompok masyarakat miskin ,mereka mendapat bantuan 100.000.000 ut dipergulirkan ke anggota kelompok,, rata2 mereka memiliki usaha peternakan,,, bagaimana melakukan perhitungan Bagi Hasil Akad Mudharabahnya. mereka rata2 mau pinjam 2,000,000 ut usaha ternaka,, bagaimana sistim mudharabahnya,,, terima kasih

  20. Kereeennn……………….._!!!!
    Numpang copas untuk dipelajari.
    Jzkmllah Khair..

  21. Ass…. Wr.wb
    trimakasih banyak Pak, akhir bisa t’selesaikan juga tugas kuliahQ……

  22. Ass. saya mau tanya,
    misalnya saya meminjam uang ke Pemodal untuk buka cabang usaha jasa catering. dimana seluruh modal tidak digunakan untuk perputaran penjualan. Namun terpakai untuk pembelian inventaris kerja, sewa tempat dll. ketika terjadi kerugian, apakah saya harus mengembalikan seluruh pinjaman ?
    Jika seluruh resiko usaha ditanggung saya selaku pengelola dana, berapakah layaknya bagi hasil yang saya berikan ? Afwan tolong banget di CC ke email saya. Jazakumullah Khoir.

  23. assalamualaikum………. jujur sampai sekarang saya belum mengerti bagaimana perhitungan mudharabah tersebut terutama yang ingin saya tanyakan bagaimana sih tentukan perbandingan persen tersebut…..????
    trimakasih sebelumnyaaaa……….

  24. Afwan, ana bukan mau komentar tapi mau bertanya, jadi akad mudharabah itu pelakunya hanya 2 orang ya, pemilik modal dan yg menjalankan usaha, berarti mudharabah yg dijalankan oleh bank2 syariah itu belum sesuai dengan sistim mudharabah, karena pelaku usaha bukan bank syariah tp perusahaan lain, bank hanya sbg intermadiary, apakah pernyataan ana BENAR, syukron 08129905072 jk sdh dijawab mhn sms ya, syukron banget, jazakallahu khoir

  25. Asslmkm ya ikhwan thanks atas gambarannya…..purwanto exs SEF UGM

  26. assalamualaikum
    klau ana lihat, ada pembagian perhitungan profit sharing dan reveneu sharing. sebaiknya bank syariah menggunkan perhitungan yang mna?
    profit atau reveneu.

  27. assalamualaikum..
    kaka, keren banget dan makasih banget udah bantu syah ngerjain tugas makalahnya.. tapi syah mau tanya dong… itu yang 30% dan 70% nya langsung ditentuin gitu aja apa ada perhitungan khususnya?

  28. kalo contoh perhitungan tabungan mudharabh menggunakan metode profit sharing dan revenue sharing …………………………………………………………….

    terima kasih
    wassalamuala
    ikum

  29. assalamu’alaikum terimakasih banyak ilmunya yang sangat berrmanfaat bagi kami. wass.w.wb

  30. assalamualaikum………… saya mau minta pendapat nieee……
    dosen saya ngasi tugas tentang penerapan mudharabah dalam suatu usaha bisnis.. disana harus ada aqad nya beserta pembagian hasil nya.
    bagus nya tentang usaha apa ya yang saya kemukakan nanti….????

  31. untuk sdri Nuri Afrianti coba usaha goreng singkong atau goreng strawberry bisa juga usaha pepes hiu..tapi disarankan untuk menghubungi dosen anda dan bertanya langsung..rugi kalau anda tidak bertanya ke dosen karena anda sudah bayar spp kan? kalau dosen anda tidak mau menjawab dan tidak mau membantu anda tonjok aja langsung dosennya..disarankan untuk tepat di jidatnya, sekian terima kasih.

  32. thanks infonya
    cukup bermanfaat

    http://simpanpinjamsyariah.wordpress.com


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: