Persahabatan

3 April 2008 pukul 14:48 | Ditulis dalam Persahabatan | 1 Komentar

 

Beberapa hal Yang Perludiperhatikan dalam Persahabatan/ Pertemanan

 

Dahulu aku mengira bahwa perhatian dan pengertian adalah faktor paling utama dalam membina sebuah hubungan pertemanan atau persahabatan. Ternyata aku salah. Yang paling utama menurutku dan pengalamanku selama ini adalah kebersamaan. Seberapa seringkah melakukan kegiatan bersama atau seberapa sering melakukan obrolan bersama.

Dengan sering ketemuan dan obrolan bareng, kita bisa saling memahami, bisa mulai terbuka, timbul pengertian dan perhatian satu sama lain. Dengan kebersamaan, yang mula-mula agak canggung mualai cair, dari obrolan yang tidak nyambung menjadi lebih nyambung, dan hubungan emosipun akan kian terbina dengan erat.

Yang paling penting dalam membina suatu hubungan adalah menjaganya. Jangan sampai hubungan yang sudah terbina sekian lama menjadi hancur hanya dalam hitungan detik saja atau hancur hanya karena hal yang sepele apalagi hanya karena ego masing-masing. Oleh karena itu, kita harus terus belajar bagaimana seni menjaga hubungan perteman dan persahabatan.

Dibawah ini akan saya tuliskan menurut pengalaman saya, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga hubungan pertemanan atau persahabatan.

  1. jangan saling menghina, menjelekkan atau menghujat.

  2. kalau mau mengkritik, lakukan dengan kalimat yang halus, dengan pilihan kata-kata yang menurut kita terbaik yang sekiranya tidak akan menyakitkan hatinya.

  3. jangan suka menyalahkan teman atau sahabat. Sifat dasar manusia tidak suka disalahkan. Kalau memang dia salah, sampaikan dengan kalimat yang sekiranya tidak memojokkannya dan tidak terkesan menyalahkannya. Sulit memang, tapi harus dicoba dan dilakukan.

  4. jangan pernah menganggap remeh teman atau sahabat kita. Setiap manusia memiliki potensi yang berbeda-beda. Mungkin teman kita punya kelemahan dalam satu perkara, tapi itu bukan hal yang perlu kita remehkan. Justru kekurangan itulah yang harus kita coba tutupi.

  5. hindari sindiran-sindiran yang bersifat negatif.

  6. cobalah untuk selalu saling memberi motivasi dan semangat.

  7. memberikan sanjungan yang tulus dan benar adanya bisa membuat teman atau sahabat kita merasa berarti dan berharga.

  8. saling membantu kalau ada yang dalam kesulitan

  9. kalau ada teman yang sedang dalam kebahagiaan, biasakan memberikan selamat atau kalau bisa kita ada di sampingnya ketika dia sedang merasakan kebahagiaan itu.

  10. memberikan hadiah, apapun itu meskipun kecil dan sederhana, itu bisa mempererat jalinan emosi.

  11. kalau ada teman yang sedang mengalami masalah, temani dia. Kalau dia butuh teman curhat, dengarkanlah curhatannya dengan penuh perhatian. Jangan coba untuk memberikan solusi dulu atas permasalahannya kecuali dia memintanya. Karena kebanyakan orang apalagi wanita, mereka hanya cukup di dengarkan curhatannya sudah cukup untuk menenangkan emosinya dan sudah sedikit banyak membantu menyelesaikan masalahnya.

  12. Hindarilah saling mencap orang lain. Misalnya mencap bodoh, otak mandul, kampungan, dll.

 

Sekian dulu tulisan dari saya, insya Alloh nanti diteruskan kembali. Bagi temen-teman yang memiliki pendapat yang berbeda atau tidak setuju, silahkan isi komentar atau kirim email ke muhammadsuryasholeh@gmail.com.

 

 

Warnet Pokenet, 3 April 2008

Muhammad Surya

Sudah Saatnya Aktivis Dakwah Masuk Tempat-tempat maksiat

3 April 2008 pukul 14:24 | Ditulis dalam Dakwah Caraku | 1 Komentar

 

Sudah Saatnya Aktivis Dakwah Masuk Tempat-tempat maksiat

 

Pada suatu malam, teman kos saya mengajak ngoblol di kamar kos saya. Pertama-tama kami mengobrol berbagai banyak hal mulai tentang pacaran, sekolah, sampai cerita pengalaman masa lalu. kesan saya padanya adalah seseorang yang baik-baik saja seperti kebanyakan teman-teman saya. Saya sangat tercengang ketika dia bercerita tentang kehidupannya masa lalunya. Saya tidak pernah mengira sebelumnya. Dia bercerita kisah kelamnya sebelum ke jogja. Dia mengakui bahwa dia adalah pengedar dan pengguna norkoba yang sangat beruntung tidak pernah ketangkap polisi sementara kebanyakan teman-temannya sudah banyak ketangkap. Dia juga cerita bahwa dia sudah melakukan hubungan intim semenjak SMP kelas 1. Menurutnya, kehidupan teman-temannya ketika masih di Kalimantan sudah sangat bebas.

Teman saya yang lain, sehari-harinya dia tampak biasa-biasa saja. Tetap melakukan sholat, puasa di bulan Ramadhan, tapi belakangan saya tahu bahwa dia juga suka minum minuman keras. Ibadah jalan, maksiat juga jalan terus, mungkin itulah salah satu prinsip hidupnya.

Di lingkungan kita sekarang, masih banyak orang yang mirip atau bahkan lebih parah dari dua teman saya itu. Bahkan ada yang aktivis organisasi Islam yang sudah tidak mau sholat atau mulai jarang untuk sholat. Bagaimana umat Islam ini akan maju kalau aktivisnya saja banyak yang tidak menjalankan syariat?

Kalau coba kita perhatikan keadaan di sekeliling kita, banyakan mana orang yang sholeh dengan orang yang ahli maksiat? Banyakan mana orang yang suka sholat di mesjid dengan yang sholatnya sendirian di rumah dan mengakhirkan waktu sholatnya? Atau banyakan mana orang yang bener-benar sholat selalu lima waktu sehari dengan orang yang sholatnya belum lima waktu sehari? Banyakan mana wanita yang benar-benar berhijab yang syar’i dengan yang berhijab gaul atau tidak berjilbab?

Jawabannya tentu golongan orang-orang yang saya sebut kedua yang lebih banyak bukan?

Kebanyakan orang-orang yang rajin mengikuti pengajian atau baca buku agama adalah orang-orang yang sholeh atau orang-orang yang memiliki tekad untuk sholeh (selanjutnya saya akan menyebut orang-orang seperti ini dengan golongan pertama). Dan jarang sekali para aktivis dakwah yang mencoba untuk mendekati secara individual orang-orang Islam yang belum atau kurang memiliki perhatian pada agamanya (selanjutnya saya akan menyebut orang-orang seperti ini dengan golongan kedua). Bahkan yang saya temukan di lapangan ada sebagian aktivis dakwah malah sedikit menjauh/ bahkan kelihatan sungkan untuk mendekati mereka.

Kalau aktivis dakwah hanya berdakwah pada orang-orang golongan pertama, kapan umat Islam ini akan berjaya? Justru ini akan menjadi bumerang nantinya. Bahkan sekarang sudah terasa dampaknya. Yang banyak menentang penegakan syariat Islam di Indonesia kebanyakan orang Islam sendiri. Yang banyak mengkritik kandungan Al Quran di Indonesia kebanyakan orang Islam sendiri.

Seperti yang saya tulis di depan, bahwa kebanyakan umat Islam sekarang masuk pada golongan kedua. Oleh karena itu, dakwah harusnya lebih intensif dilakukan pada muslim golongan kedua ini. Meskipun demikian, para aktivis dakwah harus tetap meningkatkan dan menjaga keimanan dan keislaman golongan yang pertama.

Golongan kedua adalah golongan yang kurang memiliki ketertarikan pada masalah agama. Maka tidaklah efektif kalau para aktivis dakwah hanya menunggu mereka mendekatinya atau hanya berharap tulisan-tulisannya dibaca mereka atau rekaman pengajiannya di dengar mereka. Oleh karena itu, aktivis dakwahlah yang harus mendekati mereka. Aktivis dakwahlah yang harus pertama kali mengajak ngobrol mereka. Aktivis dakwahlah yang harus mengunjungi tempat-tempat mereka.

Kalau melihat golongan kedua ini berbuat maksiat, jangan langsung dihakimi, tapi coba lebih dulu lakukan dialog dengan baik-baik. Kuatkan dulu keyakinan tauhid dan aqidah mereka. Berdakwahlah secara bertahap sedikit demu sedikit agar dakwah yang dilakukan bisa meresap di hatinya.

 

 

Muhammad Surya

Kuningan, 26 November 2007

 

Rayuan / Sanjung Pasangan

3 April 2008 pukul 14:18 | Ditulis dalam Pria Romantis | 7 Komentar

 

Strategi Merayu/ Menyanjung Pasangan


Beberapa bulan yang lalu, saya menghadiri sebuah seminar untuk memperingati hari ibu yang diselenggarakan oleh bidang Immawati cabang IMM se-DIY. Pembicara yang perempuan (aku lupa lagi namanya, yang jelas dia tokoh PP Aisyiah) menutup ceramahnya dengan mengatakan yang intinya, bagi para calon bapak, (maksudnya peserta seminar yang laki-laki yang kebanyakan masih mahasiswa) kalau kalian sudah menikah kelak sering-seringlah menyanjung istrimu maka kamu akan mendapat pelayanan yang lebih. Penutup seminar yang membuatku penasaran. Dan memang setelah saya coba perhatikan di lingkungan sekitar dan obrolan dengan beberapa teman baik itu pria maupun perempuan, ternyata perempuan adalah makhluk yang sangat senang dirayu atau disanjung. Tapi hati-hati, mereka juga sangat membenci rayuan atau sanjungan yang terlalu gombal atau tidak memiliki makna.

Setelah seminar itu, aku coba mencari artikel-artikel di internet yang berisi tentang rayuan atau sanjungan. Saya menemukan banyak sekali contoh-contoh rayuan dari yang paling berkesan bagi perempuan (ini saya ambil dari http://www.femina-online.com/jujur_saja/member_jujur_saja.asp?id=13 ketika menanyakan kepada pengunjungnya, yang tentunya perempuan, rayuan-rayuan yang paling berkesan yang pernah mereka terima dan dari siapa mereka mendapatkannya) sampai rayuan-rayuan tergombal (untuk rayuan ini saya dapatkan dari berbagai blog). Insya Alloh pada kesempatan kali ini saya coba klasifikasikan contoh-contoh rayuan tersebut sehingga mudah di pahami untuk selanjutnya bisa aku dan teman-teman praktekan di kehidupan nyata. Tentunya kepada pasangan kita yang sah (istri kita maksudnya, bagi yang belum menikah, sabar dulu yah!!).

Jangan takut dosa merayu istri, karena itu sudah dicontohkan oleh Rosululloh saw bahkan dalam sebuah hadis beliau pernah berkata bahwa kita boleh berbohong dalam 3 keadaan yaitu: dalam keadaan perang, untuk mendamaikan orang-orang yang sedang bertikai dan untuk menyenangkan hati istri. Contohnya sebelum pulang ke rumah si suami mendapat undangan makan dari temen-temannya dan dia menghadirinya. Ketika pulang kerumah, ternyata istrinya telah memasak makanan khusus untuk dia, lalu istrinya bertanya apakah dia sudah makan, maka demi menyenangkan hati istri, si suami boleh berbohong dengan mengatakan belum makan. Apa jadinya hati si istri bila si suami mengatakan sudah makan, padahal dia telah susah payah menyiapkan makanan untuk sang suami tercinta. Lalu apa hubungannya dengan rayuan? Ketika kita merayu istri, kadang-kadang kita terpaksa atau sedikit berbohong demi menyenangkan hati sang istri tercinta, dan itu tidak masalah selama tidak ada khawatirkan akan menimbulkan akibat yang negatif di masa yang akan datang.

Sekarang saya akan coba klasifikasikan rayuan-rayuan yang efektif beserta contohnya setelah itu saya akan berikan contoh-contoh rayuan yang gombal. Tidak semua rayuan di bawah ini cocok bagi semua perempuan. Oleh karena itu, kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu pasangan kita dan kira-kira rayuan yang mana saja yang cocok baginya.

A. rayuan yang membuat dia merasa spesial. (rayuan ini bisa juga dipakai sebagai alasan ketika kita meminta kesediaan si “dia” untuk jadi istri kita)

Contoh:

  1. “Kalo ada museum orang-orang aneh, kamu pasti termasuk didalamnya.karena kamu unik, all in one.”

  2. “You are the best thing that ever happend to me”

  3. “Di antara cewek lain, kamu terlihat biasa, tapi kamu begitu sederhana dan sangat menarik”

  4. Kamu adalah satu-satunya wanita yang berhasil bikin hidup dan perasaanku jungkir balik seperti rollercoaster”

  5. Ada 2 hal yang membuat aku tidak bisa jauh dari kamu:1.Kebawelan kamu 2.Warna kulit kamu yang hitam manis yang menurutku sangat eksotik dan membuatku tidak sabar untuk segera pulang ke rumah”

  6. “Permataku, kamu anugerah terindah yang pernah kumiliki…”

  7. Penampilan mu seperti model dibandingkan dengan rekan sekantor yang lain, makanya aku memilih kamu sebagai kekasih”

  8. Sulit sekali mencari wanita seperti kamu yang tidak hanya cantik, langsing, menarik tapi juga pintar dan berwawasan luas”

  9. Dari kecil sampai sekarang, kamu punya tempat yg special di hatiku”

  10. “Kamu mungkin bukan yang terbaik untuk aku, tapi kamu yang terindah”

  11. “You look beautiful.” Ucapkan rayuan ini di saat-saat yang tepat misalnya ketika si dia bangun tidur.

B. Rayuan yang menyatakan dia adalah sosok yang membuat kita berubah, bahagia, paling mengerti kita atau membuat kita bersemangat.

Contoh:

  1. Kau adalah pribadi yang menyenangkan,sehingga membuat hidupku selalu indah dan lebih berwarna dan itu pula salah satu alasan kenapa aku menikahi mu…”

  2. Kau adalah orang yang paling mengerti diriku meskipun aku berada di titik 0”

  3. “Cuma kamu yang bisa mengerti saya selama ini!”

 

 


C. ketika dia melakukan sesuatu untuk kita, sanjunglah hasil pekerjaannya

Contoh:

ketika dia menyiapkan makanan, “makasih sayang, kamu memang paling mengerti diriku sedunia” katakan itu sambil menciumnya

lain-lain 

Contoh:

  1. “Apakah kamu lebih percaya pada kata-kata atau pada tindakan nyata? Sebab, mencintai sepenuhnya mudah dikatakan.. tapi kalau dilakukan berarti sepanjang hidup.”

  2. kamu tuh bagus kalo badanmu terlihat berisi…”

 

 

Berikut ini akan aku beri contoh beberapa rayuan tergombal yang berhasil aku dapatkan di internet. Rayuan ini sebaiknya JANGAN DI PRAKTEKAN kecuali sekali-sekali untuk menyegarkan suasana. Rayuan-rayuan di bawah ini cuma untuk bercanda yang aku dapatkan dari berbagai blog.


Cowo: Mbak, bapaknya ahli perbintangan ya??

Cewe: Ah.. tidak, memang kenapa??

cowo: Saya lihat bintang dimata mbak…


cowo: Maaf mbak, jangan terlalu lama duduk dikursi itu, pindah di deket saya saja

Cewe: Loh?? kenapa??

Cowo: Takut dikerubung semut.. soalnya mbaknya manis sih..


Cowo: “Mbak punya obeng nggak?”

Cewe: “Hah? Gak Punya tuh.”

Cowo: “Tapi kalo nomor telepon punya,kan?”


Cowo: “Sayang, kamu itu seperti sendok…”

Cewe: “Kenapa?”

Cowo: “Karena kamu mengaduk-ngaduk perasaan aku…”


M: “Are you an Interior Decorator?”

W: “No. Why?”

M: “When I saw you enter, the room became beautiful”

 

M: “Are you religious?”

W: “Yes “

M: “Good, because I’m the answer to your prayers.”

 

M: “Baby, did you fart, Cause you blow me away…”


M: “How is your fever?”

W: “What Fever?”

M: “Oh.. you just look so hot to me…”

 

M: “Wow! I didn’t know that angels could fly so low!”

 

M: “Can I get a picture of you to prove to my friends that angels do really exist.”


M: “Wow! How did you do that???!!!”

W: “Do what?”

M: “Look so good…”


M: “Hey, I lost my phone number.. can I have yours?”


M: “Hey Laura!! (Big Hug), I haven’t seen you FOREVER!!!! (Huge KISS) Wow, you’ve really have changed!!!

W: “Wait, I’m not Laura..”

M: “What? Oh my god, You even changed your name!!!

 

Cowo: “Sayang, kamu itu seperti sendok…”

Cewe: “Kenapa?”

Cowo: “Karena kamu ngaduk-ngaduk perasaan aku…”


Cowok:Kamu sering maen lem ya?

Cewek:Enggak..

Cowok:Soalnya hatimu lengket di hatiku.

Cewek:(Gubrak… muntah-muntah abis ngelem soalnya)


Cowok:Kamu tahu nggak ada berapa jumlah bintang di angkasa?

Cewek:Nggak tahu.. emang ada berapa?

Cowok:Dulu sih ada 10, tapi sekarang tinggal 8. Soalnya aku liat yang 2 ada dimatamu

Cewek:(mual..mual…)


Cowok:Sakit gak sih waktu kamu jatuh?

Cewek:Emangnya kapan aku jatuh?

Cowok:Loh, bukannya kamu bidadari cantik yang jatuh dari surga.

Cewek:(kaburrrr nahan kentut ngeliat tuh cowok)


Cowok:Emangnya gak capek ya lari-lari?

Cewek:Kapan aku lari-lari?

Cowok:Semalem aku bermimpi kamu lari-lari di hatiku

Cewek:(Sumpehhhhh nih cowok…)


Cowok:Kamu sedang menggeluti olahraga memanah ya

Cewek:Enggak? siapa bilang?

Cowok:Soalnya anak panah cintamu tepat menancap di hatiku

Cowok:(mukenya bonyok kena bogem mentah si cewek, ternyata si cewek adalah PETINJU)


Cowok:Ayah kamu petani ya?

Cewek:Enak aja sembarangan….

Cowok:Oo maaf, soalnya aku cuma bertanya-tanya aja darimana kamu belajar menanam benih cinta di hatiku.

Cewek:Bokap gw direktur planetarium tauuu!

Cowok:Di planetarium? Pantesssss……Karena aku ngeliat bintang-bintang di mata kamu.

Cewek:(nih cowok kebanyakan nge-jomblo kali ya)


Kampung Kuningan, 2 April 2008

Muhammad Surya

Dari berbagai sumber dengan banyak editan dan tambahan

 

 

Kesimpulan Pengajian yang Pernah Kuikuti Bagian 1

3 April 2008 pukul 13:51 | Ditulis dalam Kesimpulan Pengajian | Tinggalkan komentar

Kesimpulan Pengajian yang Pernah Kuikuti

Bagian Ke-1

 

Berikut ini aku tuliskan beberapa nasehat singkat yang merupakan kesimpulan dari pengajian-pengajian yang pernah ku ikuti sejak aku SMA kelas 1 sampai sekarang dan nasehat-nasehat sahabat-sahabatku yang paling mengena pada diriku. Berhubung keterbatasan waktu dan ruang, maka untuk sementara aku tuliskan sebagian saja.

  • Cara meminta Ampun pada Alloh

  1. bertaubat

  2. Istighfar

  3. Tidak mengulangi kembali

 

  • Kewajiban terhadap Rasul

  1. Membenarkan apa yang disampaikan rasul

  2. Taat terhadap Rasul

  3. Menjauhi apa yang dilarang Rasul

  4. Beribadah dengan syariat Rasul

 

  • Kriteria seni yang islami

  1. Ada hikmah dan kebaikan

  2. Harus menjaga nilai-nilai kesucian Islam dalam semua kajian Islam

  3. Tetap menutup aurat dan tidak erotis atau seronok

  4. menjauhi kata-kata yang tidak mendidik

  5. menjaga disiplin dan prinsip hijab

  6. menghidari adegan-adegan banci-bancian

  7. menghindari fitnah dan ghibah

  8. dilakukan dan dinikmati sebatas keperluan

 

  • Meninggikan Islam

  1. Membangun pribadi yang Islami

  2. membangun keluarga yang Islami

  3. Membangun masyarakat yang Islami

  4. Membangun Negara yang Islami

  5. Islam yang mendunia

  6. Islam pembimbing seluruh Alam

 

  • Tergambarkah Islam pada diri Anda?

  1. Aqidah yang selamat

  2. Ibadah yang benar

  3. Akhlaq yang berkarakter

  4. Pemikiran dan pemahaman yang luas

  5. Jasad yang kuat (meliputi: ketahanan, kecepatan, dan ketepatan)

  6. Mampu mandiri

  7. Menjadi mujahid bagi dirinya sendiri khususnya dan umat umumnya

  8. Teratur dan profesional

  9. Mengatur waktu dengan efektif

  10. bermanfaat bagi orang lain

 

  • 5 cara membangkitkan ruhiyah

  1. Tilawah

  2. Sholat Dhuha

  3. Syaum Sunat

  4. Sholat Tahajud

  5. Infak

 

  1.  
    • Beberapa hal yang harus di perhatikan:

  1. Gigihlah melewati proses,

  2. jauhi kesia-siaan,

  3. pantang mengeluh,

  4. pantang menjadi beban,

  5. pantang berkhianat pada diri sendiri maupun pada orang lain,

  6. pantang berfikir negatif.

 

  1.  
    • Kalau sesudah bulan Ramadhan, tidak ada perubahan dalam diri kita yang menuju ke hal yang lebih baik, maka kita tidak mendapat hikmah dari proses selama bulan Ramadhan.

 

  • Beranilah jujur akan diri

 

  • Jangan sibuk menilai orang lain dalam hal keburukannya

 

  1.  
    • Berhati-hatilah dalam beramal

 

  • Kalau tujuan kita ikhlas maka tersampaikannyapun akan ikhlas

 

  1.  
    • Strategi syaitan

  1. Menimbulkan rasa malas

  2. Ketergesa-gesaan

  3. Menimbulkan rasa ria

 

  1.  
    • Kunci perbaikan diri

  1. Harus jujur pada diri

  2. Jangan sibuk menilai orang lain

  3. Berhati-hati dalam beramal. (ingat yang akan ditanya di akherat: Umur, Amal, Ilmu, dan harta)

  1.  
    • Sempurnakan prilaku kita

    • Kunci sukses hidup adalah ilmu

    • Jangan bangga kalau dipuji, jangan kecil hati kalau dihina

    • Kunci kebahagiaan di dunia adalah hati yang kita yang senang

    • Langkah awal dalam memperbaiki sholat kita adalah mengerti makna dan arti setiap bacaan yang kita ucapkan ketika sholat

    • Inti sholat adalah penghambaan

    • Jangan pernah merasa aman dengan azab Alloh

    • Jangan pernah mengotori sholat kita

 

  1.  
    • 4 hal yang membuat kita kalah

  1. banyak tidur

  2. banyak makan

  3. banyak berinteraksi dengan lawan jenis dengan tidak ada keperluan

  4. kurang berdzikir

 

  • kegagalan mengambil hikmah dalam setiap pengajian yang diikuti salah satunya karena yang kita lihat adalah siapa penceramahnya bukan pada isi ceramahnya.

  • Manusia tidak akan lepas dari fenomena kehidupan

  • Kunci sukses belajar adalah takwa dan tawakal

  • Jangan takut pada apapun tapi takutlah pada azab Alloh

  • Jangan terlalu nuntut pada suatu hal

  • Yang berhak menentukan segala hal adalah Alloh

  • Percayalah bahwa Tak tau diri dan percaya diri perbedaannya tipis, maka berhati-hatilah.

  • Mencintai Alloh harus lebih besar dari cinta pada makhluknya, jangan pernah mencintai hawa nafsu dengan cara lebih memperturutnya.

 

  1.  
    • Percaya diri dengan Islam

  1. Tahu tentang Islam

  2. Tampilkan prilaku Islami

  3. Uswatun hasanah

  4. Istiqomah

 

  1.  
    • Jika kamu benci pada sesuatu, cukuplah di jauhi jangan dihina

    • Merusak jauh lebih mudah daripada merajut

    • Jangan terlalu banyak menilai orang lain, tetapi banyak-banyaklah menilai diri sendiri untuk perbaiki diri

 

  1.  
    • Cara Istiqomah

  1. Paham

  2. kembalikanlah segala sesuatunya pada Alloh

  3. mencari lingkungan yang baik atau ciptakan lingkungan sendiri yang baik

  4. banyak-banyaklah mengambil hikmah dari cerita-cerita Rasul, Sahabatnya, ulama, nabi-nabi, ulama, dan orang-orang yang sukses.

 

  1.  
    • Jika kita hanya mengikuti hawa nahsu, sesuatu yang besar dan bermanfaat bagi kita akan terlihat kecil dan tidak bermanfaat, tetapi sesuatu yang membahayakan kita atau melalaikan kita akan terlihat baik dan menyenangkan.

    • Perbaikilah iman kita. Iman itu diucapkan dengan lisan, diyakini dengan hati, dan dilakukan dengan amal.

 

  1.  
    • Cara mendekati Alloh

  1. Memohon kepada Alloh supaya kita di dekatkan dengan-Nya

  2. Banyak berdzikir

  3. banyak bersyukur

  4. Alloh menyukai amal sholeh yang sedikit tapi istiqomah.

 

  1.  
    • Kembalilah kepada Al Quran dan As Sunnah

    • Hadapilah hidup ini dengan sabar dan senyum

    • Masa muda untuk memperbaiki tingkah laku dan akhlak

    • Kalau kita mendapat cobaan dari Alloh, bersyukurlah dengan menguncapkan Alhamdulillah

    • Dalam setiap pekerjaan harus berniat karena Alloh

    • Berbuat kebaikanlah setiap saat

    • Hidup adalah perjuangan tiada henti

    • Satu menit kita marah sama dengan 60 detik kita kehilangan kebahagiaan

    • Niatkan dalam hati bahwa segala sesuatu yang kita lakukan adalah untuk ibadah

    • Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat

    • Biasanya kebahagiaan muncul dari hal-hal yang kecil dan sederhana

    • Kebersihan adalah sebagian dari iman

    • Persatuan adalah kekuatan

    • Teman sejati adalah teman yang membantu dalam kesulitan

    • Jika Alloh mencintai hamba-Nya maka Dia mengujinya.

    • Sadarilah saat kamu mengatakan sesuatu

    • Sadarilah apa-apa yang kamu katakan

    • Rubahlah diri menjadi lebih baik sebelum mencoba memperbaiki orang lain

    • Jangan lalai

    • Pelajarilah terus tentang Alloh SWT

    • Pasrahlah kepada Alloh SWT

    • Tegakkanlah sholat

    • Balaslah keburukan orang lain dengan kebaikan

    • Ingat mati

    • Buatlah senang orang lain

 

 

 

 

 

 

 

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.