Persahabatan

3 April 2008 pukul 14:48 | Ditulis dalam Persahabatan | 1 Komentar

 

Beberapa hal Yang Perludiperhatikan dalam Persahabatan/ Pertemanan

 

Dahulu aku mengira bahwa perhatian dan pengertian adalah faktor paling utama dalam membina sebuah hubungan pertemanan atau persahabatan. Ternyata aku salah. Yang paling utama menurutku dan pengalamanku selama ini adalah kebersamaan. Seberapa seringkah melakukan kegiatan bersama atau seberapa sering melakukan obrolan bersama.

Dengan sering ketemuan dan obrolan bareng, kita bisa saling memahami, bisa mulai terbuka, timbul pengertian dan perhatian satu sama lain. Dengan kebersamaan, yang mula-mula agak canggung mualai cair, dari obrolan yang tidak nyambung menjadi lebih nyambung, dan hubungan emosipun akan kian terbina dengan erat.

Yang paling penting dalam membina suatu hubungan adalah menjaganya. Jangan sampai hubungan yang sudah terbina sekian lama menjadi hancur hanya dalam hitungan detik saja atau hancur hanya karena hal yang sepele apalagi hanya karena ego masing-masing. Oleh karena itu, kita harus terus belajar bagaimana seni menjaga hubungan perteman dan persahabatan.

Dibawah ini akan saya tuliskan menurut pengalaman saya, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga hubungan pertemanan atau persahabatan.

  1. jangan saling menghina, menjelekkan atau menghujat.

  2. kalau mau mengkritik, lakukan dengan kalimat yang halus, dengan pilihan kata-kata yang menurut kita terbaik yang sekiranya tidak akan menyakitkan hatinya.

  3. jangan suka menyalahkan teman atau sahabat. Sifat dasar manusia tidak suka disalahkan. Kalau memang dia salah, sampaikan dengan kalimat yang sekiranya tidak memojokkannya dan tidak terkesan menyalahkannya. Sulit memang, tapi harus dicoba dan dilakukan.

  4. jangan pernah menganggap remeh teman atau sahabat kita. Setiap manusia memiliki potensi yang berbeda-beda. Mungkin teman kita punya kelemahan dalam satu perkara, tapi itu bukan hal yang perlu kita remehkan. Justru kekurangan itulah yang harus kita coba tutupi.

  5. hindari sindiran-sindiran yang bersifat negatif.

  6. cobalah untuk selalu saling memberi motivasi dan semangat.

  7. memberikan sanjungan yang tulus dan benar adanya bisa membuat teman atau sahabat kita merasa berarti dan berharga.

  8. saling membantu kalau ada yang dalam kesulitan

  9. kalau ada teman yang sedang dalam kebahagiaan, biasakan memberikan selamat atau kalau bisa kita ada di sampingnya ketika dia sedang merasakan kebahagiaan itu.

  10. memberikan hadiah, apapun itu meskipun kecil dan sederhana, itu bisa mempererat jalinan emosi.

  11. kalau ada teman yang sedang mengalami masalah, temani dia. Kalau dia butuh teman curhat, dengarkanlah curhatannya dengan penuh perhatian. Jangan coba untuk memberikan solusi dulu atas permasalahannya kecuali dia memintanya. Karena kebanyakan orang apalagi wanita, mereka hanya cukup di dengarkan curhatannya sudah cukup untuk menenangkan emosinya dan sudah sedikit banyak membantu menyelesaikan masalahnya.

  12. Hindarilah saling mencap orang lain. Misalnya mencap bodoh, otak mandul, kampungan, dll.

 

Sekian dulu tulisan dari saya, insya Alloh nanti diteruskan kembali. Bagi temen-teman yang memiliki pendapat yang berbeda atau tidak setuju, silahkan isi komentar atau kirim email ke muhammadsuryasholeh@gmail.com.

 

 

Warnet Pokenet, 3 April 2008

Muhammad Surya

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hatur nuhun surya katampi kiat2na sae lah
    antum mah rerencangan anu hebat pokoknamah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: